Bilangan 1:1-3, 47

「Pasukan dan Kelompok」
Oleh 賴建國 (Lài Jiàn Guó)

Alliance Bible Seminary H.K.

(Bil. 1:1-3, 47 [ITB])
1 TUHAN berfirman kepada Musa di padang gurun Sinai, dalam Kemah Pertemuan, pada tanggal satu bulan yang kedua dalam tahun yang kedua sesudah mereka keluar dari tanah Mesir: 2 Hitunglah jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, dan catatlah nama semua laki-laki di Israel 3 yang berumur dua puluh tahun ke atas dan yang sanggup berperang, orang demi orang. Engkau ini beserta Harun harus mencatat mereka menurut pasukannya masing-masing.47 Tetapi mereka yang menurut suku bapa leluhurnya termasuk orang Lewi, tidak turut dicatat bersama-sama dengan mereka itu.

Kitab Bilangan dimulai dengan penghitungan jumlah umat Allah di padang belantara yang dilakukan pada hari pertama bulan kedua tahun kedua setelah keluaran dari Mesir (Bil. 1), menunjukkan bahwa kitab ini memperhatikan waktu dan tempat. Kitab Bilangan memperhatikan tentang waktu, dan banyak mencatat tanggal kejadiannya berbagai peristiwa, tetapi pasal satu hingga sembilan tidak dituliskan persis dalam urutan waktu kejadian. Secara terbalik terlebih dahulu mencatat peristiwa penghitungan jumlah orang di pasal satu. sedangkan hal yang terjadi jauh lebih awal yakni upacara penahbisan Kemah Suci dan suku-suku mempersembahkan korban mezbah, malah dicatat secara terperinci di pasal 7 yaitu di belakang sensus dan pembagian tugas. Dapat dilihat bahwa peristiwa penghitungan jumlah orang dipandang sangat penting.

Penghitungan jumlah orang dibagi menjadi dua bagian:

1) Kedua belas suku dihitung untuk membentuk pasukan perang, bersiap menaklukkan Kanaan dan pembagian tanah pewarisan. Menurut perintah TUHAN, Musa dan Harun menghitung jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, laki-laki yang berumur dua puluh tahun ke atas dan yang sanggup berperang, mencatat mereka menurut pasukannya (ṣābā’) masing-masing. Jumlah kedua belas suku yang dihitung adalah memandang dua putra Yusuf (Efraim dan Manasye) masing-masing sebagai satu suku (tidak melibatkan suku Lewi dalam pasukan perang). Kitab Bilangan pasal 1 mencatat jumlah orang di setiap suku secara rinci, yang dapat digunakan sebagai perencanaan penempatan kemah dan urutan perjalanan yang dicatat di pasal berikutnya. Di masa depan juga akan digunakan sebagai dasar untuk pembagian tanah.

2) Menghitung jumlah orang suku Lewi, untuk ditugaskan dalam kelompok tim pelayanan, bukan untuk perang. Suku Lewi bertanggung jawab untuk memelihara Kemah Suci, tempat hukum Allah. Mereka tidak hanya akan bertanggung jawab atas pembongkaran dan pemasangan ketika merelokasi Kemah Suci tempat hukum Allah, tetapi mereka harus menempatkan kemah mereka dekat di sekitar Kemah Suci saat mereka berhenti untuk berkemah, memisahkan Kemah Suci tempat hukum Allah yang Maha Kudus dari kemah kedua belas suku. Mereka harus menjaga dan memelihara, agar selain mereka jangan ada orang luar yang tidak memiliki otoritas melanggar masuk dan dihukum mati oleh TUHAN.

Berharga diperhatikan bahwa kata ṣābā ‘ dalam bahasa Ibrani tidak hanya digunakan untuk merujuk pada pasukan dari dua belas suku Israel (Kej 21:22; Bil 1:3), tetapi lebih sering dalam kitab Bilangan merujuk pada pengaturan kelompok atau tim orang Lewi yang melayani Kemah Suci (Bil. 4:3; 8:24). Dalam Perjanjian Lama, istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada tentara di langit (Ul. 4:19) dan para malaikat (1 Raja-raja 22:19). Karena itu, tidak masalah di langit atau di bumi, terdapat tim atau pasukan yang dihitung untuk berperang dan melayani TUHAN.

Renungkan:

  1. Di gereja hari ini, setiap orang harus dihitung dan bergabung dengan pasukan pertempuran rohani, tim pelayanan. Anda termasuk dari tim yang mana?
  2. Semua pelayanan rohani adalah 100% kekuatan Roh Kudus, dan juga membutuhkan 100% komitmen manusia untuk mewujudkannya.

Renungan pemahaman Kitab Bilangan (klik untuk membuka)

Renungan pemahaman Surat atau Kitab yang lain (klik untuk membuka)


Diterjemahkan dari 「爾道自建 Ěr Dào Zì Jiàn」, tema Kitab Bilangan 1-16 ditulis oleh 賴建國 (Lài Jiàn Guó) yang dipublikasi pada bulan Februari 2020 merupakan hak cipta (copyright) Alliance Bible Seminary H.K (建道神學院 Jiàn Dào Shén Xué Yuàn).


Renungan untuk Kalangan Kristen.


Iklan yang ada bukan milik blog ini, tetapi milik WordPress penyedia fasilitas blog tanpa biaya.