Nehemia 10:35-36

「Allah adalah Tuhan yang berdaulat atas semua yang ada pada diri Anda」

Oleh Rev. Dr. David Chan (陳耀鵬)
Alliance Bible Seminary H.K.


(Nehemia 10:35-36 [ITB])
35 Lagipula setiap tahun kami akan membawa ke rumah TUHAN hasil yang pertama dari tanah kami dan buah sulung segala pohon.36 Pun kami akan membawa ke rumah Allah kami, yakni kepada para imam yang menyelenggarakan kebaktian di rumah Allah kami, anak-anak sulung kami dan anak-anak sulung ternak kami seperti tertulis dalam kitab Taurat, juga anak-anak sulung lembu kami dan kambing domba kami.

(Keluaran13:1,12-14 [ITB])
1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: …
12 maka haruslah kaupersembahkan bagi TUHAN segala yang lahir terdahulu dari kandungan; juga setiap kali ada hewan yang kaupunyai beranak pertama kali, anak jantan yang sulung adalah bagi TUHAN.
13 Tetapi setiap anak keledai yang lahir terdahulu kautebuslah dengan seekor domba; atau, jika engkau tidak menebusnya, engkau harus mematahkan batang lehernya. Tetapi mengenai manusia, setiap anak sulung di antara anak-anakmu lelaki, haruslah kautebus.
14 Dan apabila anakmu akan bertanya kepadamu di kemudian hari: 『Apakah artinya itu?』 maka haruslah engkau berkata kepadanya: 『Dengan kekuatan tangan-Nya TUHAN telah membawa kita keluar dari Mesir, dari rumah perbudakan …』


Ketika umat Allah menjadi budak di bawah Firaun di tanah Mesir, anak-anak sulung mereka akan mengalami nasib yang sama dengan semua anak sulung di tanah Mesir, tetapi Allah menebus anak-anak sulung mereka dengan metode keselamatan yang khusus dan memberi mereka otoritas atas anak-anak mereka sehingga mereka tetap merayakan Paskah dan mengingat kebaikan TUHAN yang besar. Hari ini, kedaulatan atas segala sesuatu yang kita miliki adalah milik Tuhan, dan kita hanya memiliki hak untuk mengelola, tetapi kita sering mengacaukan kedaulatan dengan hak mengelola. Kita tidak perlu secara harafiah seperti orang Yahudi Perjanjian Lama yang membuat perjanjian untuk menebus anak sulung, atau bahkan mempersembahkan buah sulung, tetapi kita harus yakin bahwa segala sesuatu dalam hidup kita adalah milik Tuhan, dan apa yang kita nikmati saat ini hanyalah hak sementara untuk mengelola, jadi kita perlu melakukan yang terbaik untuk mengelola apa yang telah Tuhan berikan kepada kita, agar dapat memberikan pertangungjawaban kita kepada Allah di masa depan.


Renungkan:
Suatu kali saya menemukan sebuah artikel di internet tentang 15 Pertanyaan yang semestinya tidak ditanyakan Tuhan kepada Anda dan yang mungkin ditanyakan Tuhan kepada Anda, saat Dia bertemu dengan Anda, dan artikel itu sangat berharga!

Mari kita merenungkan tentang apa yang kita miliki saat ini dan siapa yang memilikinya.
1. Tuhan tidak akan menanyakan merek mobil apa yang Anda miliki, tetapi berapa banyak orang yang telah Anda antar/terbantu dengan mobil Anda?

2. Tuhan tidak bertanya berapa luas rumah Anda, tetapi berapa banyak orang yang telah Anda terima di rumah Anda?

3. Tuhan tidak akan menanyakan berapa banyak pakaian yang Anda miliki di lemari pakaian Anda, tetapi Dia akan menanyakan berapa banyak pakaian yang telah Anda berikan kepada orang yang membutuhkan.

4. Tuhan tidak akan menanyakan status sosial Anda, tetapi Dia akan bertanya Anda menampilkan diri sebagai orang yang dengan status sosial apa?

5. Tuhan tidak bertanya berapa banyak materi yang Anda miliki, tetapi bertanya apakah Anda dikendalikan oleh materi yang Anda miliki?

6. Tuhan tidak akan bertanya berapa gaji tertinggi Anda, tetapi akan bertanya apakah Anda pernah berkompromi mengorbankan karakter Kristen Anda untuk mendapatkan gaji tersebut?

7. Tuhan tidak akan bertanya berapa jam lembur yang telah Anda lakukan, tetapi akan bertanya apakah Anda telah bekerja lembur adalah untuk keluarga dan orang-orang yang Anda cintai?

8. Tuhan tidak menanyakan berapa banyak promosi yang telah Anda terima, tetapi bagaimana Anda mempromosikan orang lain.

9. Tuhan tidak akan menanyakan apa jabatan Anda, tetapi akan menanyakan apakah Anda telah melakukan yang terbaik dalam pekerjaan Anda.

10. Tuhan tidak akan menanyakan apa yang telah Anda lakukan untuk menolong diri sendiri, tetapi Dia akan menanyakan apa yang telah Anda lakukan untuk menolong orang lain.

11. Tuhan tidak bertanya berapa banyak teman yang Anda miliki, tetapi Dia bertanya Anda telah menjadi teman bagi berapa banyak orang?

12. Tuhan tidak akan bertanya kepada Anda apa yang telah Anda lakukan untuk melindungi hak-hak Anda, tetapi akan bertanya kepada Anda apa yang telah Anda lakukan untuk melindungi hak-hak orang lain?

13. Tuhan tidak bertanya di lingkungan mana Anda tinggal, tetapi bagaimana Anda memperlakukan tetangga Anda?

14. Tuhan tidak bertanya apa warna kulit Anda, tetapi bagaimana kepribadian Anda?

15. Tuhan tidak akan bertanya berapa kali Anda telah sinkron antara perkataan dan perbuatan Anda, tetapi berapa kali Anda tidak sinkron dalam perkataan dan perbuatan?


Renungan pemahaman Kitab Nehemia

Renungan pemahaman Surat atau Kitab yang lain


Diterjemahkan dari 「爾道自建 Ěr Dào Zì Jiàn」, tema Kitab Nehemia ditulis oleh Rev. Dr. David Chan (陳耀鵬) yang dipublikasi pada bulan Desember 2014 merupakan hak cipta (copyright) Alliance Bible Seminary H.K (建道神學院 Jiàn Dào Shén Xué Yuàn).


Renungan untuk Kalangan Kristen.