Nehemia 7-13

「Allah adalah Atasan Anda yang sesungguhnya dalam pekerjaan Anda」

Oleh Rev. Dr. David Chan (陳耀鵬)
Alliance Bible Seminary H.K.

(Nehemia 13:31 [ITB])
31 pula kutetapkan suatu cara untuk menyediakan kayu api pada waktu-waktu tertentu dan untuk hasil-hasil yang pertama. Ya Allahku, ingatlah kepadaku, demi kesejahteraanku!

Bacalah dengan cepat Nehemia pasal 7 sampai pasal 13 (Klik untuk membaca ayat Alkitab)

Nehemia adalah seorang pejabat senior yang berada di bawah raja Artahsasta, dan dia bertanggung jawab atas administrasi minuman raja. Pada waktu itu, tidak ada pemilihan umum yang demokratis, dan pergantian dinasti sering kali terjadi ketika raja meninggal atau turun tahta. Oleh karena itu, kesehatan dan kesejahteraan raja sangatlah penting, dan karena juru minuman raja bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan raja, ia pasti seorang kepercayaan raja. Menurut Nehemia 1:1, Nehemia bertugas di istana Susan pada tahun kedua puluh pemerintahan raja Artahsasta, yaitu tahun 445 S.M., yang berarti sembilan puluh satu tahun setelah raja Koresh dari Persia menguasai Timur Tengah pada tahun 536 S.M. Kecuali jika Nehemia umurnya lebih dari sembilan puluh satu tahun, ia kemungkinan keturunan Yahudi yang lahir di dinasti Persia. Kota Susan adalah istana musim panas raja Persia, dan Nehemia menikmati kenyamanan di kota Susan, tetapi ia tidak terbenam dalam kenyamanan, dan ia tidak pernah mengabaikan komitmennya kepada Allah, karena ia bersedia melepaskan kenikmatan materi untuk memenuhi kehendak Allah. Hari ini apa yang menjadi tujuan dari komitmen kita? Seorang pengkhotbah mengingatkan orang-orang percaya, terutama mereka yang tinggal di Amerika Utara atau di tempat lain, untuk tidak terlalu berakar dalam di dunia, dan untuk tidak memiliki mentalitas di tepi pantai setelah karir yang sukses dan stabil, sehingga kita lupa bahwa Allah memiliki rencana dan tujuan khusus bagi kita.

Nehemia berada dalam posisi yang sangat penting, tetapi ia rela melepaskan pekerjaan terhormat yang bergaji besar ini demi Allah. Di dalam Alkitab terdapat banyak pria dan wanita rohani yang hebat yang merupakan seorang patriot, tetapi mereka menghidupi pengalaman yang berbeda. Sebagai contoh, Yeremia lahir pada saat kejatuhan bangsa itu dan membeli tanah di Yehuda, dia tidak pernah ingin beremigrasi tetapi harus pergi ke Mesir. Daniel meninggal sebagai orang tua di Babilonia dan Persia, negeri asing tempat dia ditawan, dan ketika dia di tempat penawanan, dia membuka jendelanya tiga kali sehari dan berdoa ke arah Yerusalem, tetapi dia tidak pernah memiliki kesempatan untuk kembali ke tanah airnya. Meskipun Nehemia adalah seorang Yahudi yang lahir di Persia, ia bersedia kembali ke Yerusalem untuk membangun kembali tembok-tembok kota dan melakukan kehendak Allah di dalam dirinya, yang merupakan suatu tindakan komitmen terhadap negaranya. Demikian juga, kita harus memiliki komitmen terhadap negara kita, tetapi komitmen ini tidak boleh melebihi komitmen kita terhadap kehendak Tuhan.

Doa Nehemia dicatat dalam Nehemia 1:5-11, terdapat delapan kali hamba-Mu di dalam tujuh ayat. Nehemia melihat dirinya sebagai seorang hamba Allah. Komitmennya bukan pada stabilitas dan kemakmuran, bukan pada negaranya, bukan pada karier yang sukses. Dia hanya memiliki satu komitmen utama seumur hidup – untuk melakukan kehendak Allah.

Renungkan:
Bagaimana kita memandang pekerjaan? Ada empat kata yang berhubungan dengan pekerjaan. (1) Pekerjaan (employment) ─ cara untuk menghidupi keluarga, (2) Pekerjaan (job) ─ memenuhi kebutuhan, (3) Karier (career) ─ mengembangkan talenta, (4) Panggilan (vocation) ─ yang ditentukan oleh kehendak Tuhan. Apakah kita bekerja hanya untuk mencari nafkah, untuk menghidupi keluarga kita, untuk mendidik anak-anak kita dan untuk pensiun, dll. Sebuah pekerjaan akan memenuhi kebutuhan kita; karir akan memungkinkan kita untuk memanfaatkan bakat kita. Semua hal ini penting, tetapi yang lebih penting lagi, di tengah-tengah pekerjaan kita, apakah kita memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang ditentukan oleh kehendak Tuhan di dalam diri kita? Bagaimana pekerjaan Anda membantu Anda untuk lebih bergantung pada Tuhan? Terlepas dari lingkungan pekerjaan Anda, mari naikkan syukur kepada Tuhan atas pekerjaan Anda saat ini.


Renungan pemahaman Kitab Nehemia

Renungan pemahaman Surat atau Kitab yang lain


Diterjemahkan dari 「爾道自建 Ěr Dào Zì Jiàn」, tema Kitab Nehemia ditulis oleh Rev. Dr. David Chan (陳耀鵬) yang dipublikasi pada bulan Desember 2014 merupakan hak cipta (copyright) Alliance Bible Seminary H.K (建道神學院 Jiàn Dào Shén Xué Yuàn).


Renungan untuk Kalangan Kristen.